fbpx
hello world!
Published: Maret 27, 2021

9 Tips Memilih Kambing Aqiqah Yang Benar Sesuai Hukum Islam

Informasi terkait dengan tips memilih kambing Aqiqah yang sesuai dengan syariat Islam.

Menjalankan ibadah aqiqah sangatlah disarankan untuk beberapa orangtua yang barusan memiliki anak. Seperti yang ada dalam hadist yang memvisualisasikan jika anak yang lahir masih tergadaikan oleh aqiqahnya. Maknanya, sesudah terwujud aqiqah, anak yang lahir jadi merdeka. Hukum aqiqah sendiri adalah sunnah muakkad. Memilih kambing untuk aqiqah menjadi sisi yang penting untuk dilaksanakan oleh orang tua.

“Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya).

Sekarang ini, ada beberapa jasa layanan aqiqah di kota Medan dan kota - kota yang lain. Anda tinggal menghubungi saja sesuai dengan nomor layanan yang tersedia. Tetapi untuk cara memilih hewan aqiqah tidak ada salahnya untuk berperan langsung. Supaya pelaksanaan ibadah aqiqah menjadi karunia bila dikerjakan dengan hewan kambing yang keadaannya sesuai syariat Islam.

Aisyah berkata jika Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad]

Berikut adalah tips memilih hewan kambing aqiqah yang penting untuk diketahui. Bagi Anda yang ingin beli kambing aqiqah sendiri atau dengan layanan aqiqah turut memilih kambing saat sebelum diberikan dan diolah, tiada salahnya untuk mengenali apa yang penting diketahui dari kambing aqiqah. Simak informasi dibawah ini.

1. Datang Langsung Ke Lokasi

Sesibuk apapun Anda, sebaiknya langsung datang ke kandang atau tempat pemeliharaan kambing yang untuk dijual. Dengan begini Anda bisa menyaksikan langsung tanpa diwakili orang lain. Bukan berati kita tidak percaya, namun langkah ini lebih baik dilakukan.

Paling waktu yang dihabiskan tidaklah lama. Alokasikan waktu 1 sampai dengan 2 jam saja.

Kalaupun Anda ingin diwakilkan oleh orang lain untuk melihat kambingnya, maka pilihlah orang kepercayaan Anda, apakah saudara, teman atau yang lain.

Sekarang zaman sudah canggih, maka Anda bisa lihat dengan media video call jarak jauh terkait hewan mana yang akan di pilih.

2. Kenali Bentuk Fisiknya

Dari bentuk, kita bisa mengetahui kesehatan fisik kambing. Adapun beberapa ciri kambing yang sehat diantaranya badannya kuat, berdada lebar, pinggangnya lempeng, kakinya condong kuat, dan memiliki ukuran besar dan panjang, badannya tidak begitu gendut atau terlampau kurus.

Umumnya untuk mengetahui beberapa ciri tersebut tidaklah mudah bagi mereka yang belum pengalaman didunia peternakan hewan. Makanya Anda jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual kambing Medan. Semua yang meragukan Anda, harus segera mendapat penjelasan sebab ini adalah ibadah kepada Allah Swt.

3. Mengecek Mata Hewan Kambing

Hewan yang sehat bisa diketahui dari matanya. Karena itu lihat saat kambing berjalan, lihat kondisi matanya dengan seksama. Bila matanya bisa konsentrasi dan menyaksikan secara jelas tidak menubruk, maka dapat dipastikan kambing dalam keadaan baik.

Disamping itu, abaikan kambing dengan mata yang merah. Mata merah jadi salah satunya tanda jika hewan sedang kurang sehat. Hingga tidak pas jadi binatang pilihan untuk aqiqah.

4. Lihat Ukuran Dagingnya

Seterusnya, kambing yang memiliki daging banyak bisa disaksikan di bagian punggung dan pahanya. Upayakan untuk memilih kambing dengan punggung yang besar. Punggung besar mengisyaratkan jika kambing mempunyai daging yang banyak.

Manfaatnya bakal semakin banyak daging yang dimasak untuk keperluan ibadah aqiqah. Baiknya berat kambing yang cukup usia untuk aqiqah ialah 30 sampai dengan 40 kg. Bila lebih, malah lebih bagus. Terkecuali bila Anda mendapatkan kambing yang beratnya kurang, bisa saja ternak itu belumlah cukup usia untuk disembelih.

5. Lihat Gigi dan Kuku

Untuk pastikan jika hewan itu sehat, Anda bisa juga memerhatikan sisi khusus giginya, pada rahang giginya sebaiknya kuat buat kunyah makanan. Selain  hal tersebut, kuku yang bersih jadi aspek khusus jika hewan aqiqah itu pantas.

Kuku bersih sebagai tanda jika kambing dalam kondisi yang sehat. Kambing dapat dipastikan terlepas dari cacing jika kukunya bersih. Cacing dapat berkembang biak dalam kambing. Benar-benar beresiko jika Anda konsumsi daging kambing yang terkena cacing.

6. Belilah Kambing Dalam Keadaan Hidup

Hal ini sangat penting untuk Anda kenali, beli kambing aqiqah pada kondisi masih hidup mempunyai tujuan agar daging terjaga fresh dan mempunyai kisah kesehatan yang pasti. Beda hal bila Anda pesan paket aqiqah lewat cara online, dianjurkan untuk minta video atau foto dokumentasi dari faksi penyuplai service buat untuk pastikan.

Tidak ketentuan untuk beli kambing pada kondisi hidup. Tetapi untuk jamin jika kambing sehat, karena itu Anda dianjurkan untuk beli yang hidup. Disamping itu, Anda bisa juga pastikan jika hewan ternak itu akan disembelih dengan cara disyariatkan. Ini penting untuk jaga kehalalan.

7. Jangan Beli yang Telah Dipotong

Beli daging kambing yang telah dipotongi berefek lumayan besar. Ini karena konsumen tidak saksikan secara langsung keadaan kambing itu. Karena Anda tidak paham, apa disembelih dengan syariat yang betul atau mungkin tidak. Ini karena bila hewan itu disembelih tidak dengan menyebutkan nama Allah, jadikan daging kambing itu tidak halal untuk dimakan.

8. Sesuaikan Harga Dengan Kualitas  

Harga yang murah tidak jamin Anda memperoleh kambing yang bagus untuk aqiqah. Dianjurkan untuk Anda untuk memilih kambing sesuai dengan anggaran yang tersedia. Adapun cara untuk dapat memperoleh kambing yang seperti keinginan adalah Anda dapat cari informasinya terlebih dahulu dari bermacam sumber, baik cetak maupun elektronik. Anda juga bisa bertanya kepada ustadz di lingkungan rumah. Biasanya dengan senang hati beliau akan menerangkan.

Anda dapat juga menelusuri guna mendapatkan informasi di jaringan komunikasi modern. Anda bisa juga beli kambing aqiqah lewat referensi saudara, jangan sampai malu untuk bertanya, supaya memperoleh kambing yang mempunyai kualitas terbaik.

9. Cukup Umur

Menurut ajaran Islam, kambing yang layak untuk dijadikan aqiqah berumur 1 tahun keatas. Jika menemukan kambing yang kondisi fisikya baik, namun belum cukup umur, maka harus mencari kambing lainnya. Atau tunggu sampai dengan umur kambing tercukupi.

Kecuali beberapa tips di atas, ada saran-saran seperti, paling utama memilih kambing jantan dibanding betina. Ini cuman jadi anjuran, karena hubungan di antara beribadah qurban dan aqiqah dengan hewan kambing. Dengan memilih yang jantan, kambing betina tetap ada untuk melestarikan ternak dari hewan peliharaan kambing.

Itulah beberapa tips untuk memilih hewan kambing aqiqah. Semoga saja beberapa tips di atas dapat membantu Anda dalam beribadah. Yuk, kunjungi website Sholeh Aqiqah untuk informasi lebih lanjutnya dan dampatkan penawaran yang spesial untuk Anda.

Untuk pesan di Sholeh Aqiqah dapat Anda lakukan dengan langsung datang ke kantor kami atau melalui layanan online, seperti telepon dan jaringan WA. Tersedia pilihan menu paket mentah dan siap saji serta ada layanan jasa untuk membagikan langsung kepada yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SHOLEH AQIQAH

SHOLEH AQIQAH adalah produk dari sholeh farm yang bergerak dibidang peternakan penyedia Kambing Aqiqah maupun Qurban ataupun untuk lainnya.
PESAN SEKARANG
Mulai percakapan
1
Chat Sekarang
Hallo, Ada yang bisa kami bantu?